Sabtu, 28 Juli 2012

KEHAMILAN DENGAN HIPERTENSI ESENSIAL


KEHAMILAN DENGAN HIPERTENSI ESENSIAL

A.KERANGKA KONSEP

1. Pengertian

Hipertensi esensial 
adalah kondisi permanen meningkatnya tekanan darah dimanabiasanya tidak ada penyebab yang nyata. Kadang-kadang keadaan ini dihubungkandengan penyakit ginjal, phaeochromocytoma atau penyempitan aorta, dan keadaan inilebih sering muncul pada saat kehamilan.Wanita hamil dikatakan mempunyai atau menderita hipertensi esensial jika tekanandarah pada awal kehamilannya mencapai 140/90 mmHg. Yang membedakannyadengan preeklamsia yaitu factor-faktor hipertensi esensial muncul pada awalkehamilan, jauh sebelum terjadi preeklamsia, serta tidak terdapat edema atauproteinuria.Selama trimester ke II kehamilan tekanan darah turun di bawah batas normal,selanjutnya meningkat lagi sampai ke nilai awal atau kadang-kadang lebih tinggi.Setelah UK 18 minggu lebih sulit hipertensi esensial dari pre eklamsia.

2. Penyebab

Biasanya darah mengalir melalui arteri karena gradien tekanan - jantung memompadarah ke dalam arteri dan pada saat kontraksi yang paling kuat, tekanan dalam arterisekitar 120 mm Hg - tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mm Hg ) dan 120mm Hg adalah tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong kolom air raksa sampai 120milimeter dalam mesin pengukur tekanan darah.Saat jantung rileks, tekanan dalam arteri turun ke rendah sekitar 80 mm Hg,sebelum jantung berkontraksi lagi dan memaksanya kembali ke 120 dan tekanan darahdiukur sebagai satu set dari dua bacaan; sistolik (biasanya sekitar 120 mm Hg) dandiastolik (biasanya sekitar 80 mm Hg).Tekanan darah dapat berfluktuasi - selama periode aktivitas fisik pompa jantunglebih keras dan lebih cepat dan tekanan darah sistolik bisa pergi jauh lebih tinggi darinormal - untuk 180 mm Hg untuk contoh dan juga dapat lebih tinggi selama masa stres- itu juga biasanya meningkat dengan usia

Namun pada beberapa orang, tekanan darah tetap abnormal tinggi, bahkan saatistirahat dan pada 95% kasus penyebab pasti tidak diketahui - arteri kecil di dalamtubuh menjadi sempit dan jantung harus memompa lebih keras untuk memaksa darahmelalui saluran arteri menyempit, yang mendorong sampai tekanan darah.Karena penyebabnya tidak jelas ini sering disebut primer atau 'esensial' hipertensi.Tetapi dalam relatif kecil - sekitar 5% dari kasus - hipertensi adalah oleh-produk, prosespenyakit lain seperti ginjal atau penyakit hormonal seperti sindrom Cushing atau Lupus.Penyakit hormonal Langka dapat menyebabkan pelepasan sejumlah abnormalhormon adrenalin dan noradrenalin, membuat jantung memompa lebih keras danmenyebabkan pembuluh darah berkontraksi.Beberapa obat juga dapat menyebabkan hipertensi, termasuk non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID), kontrasepsi oral, kortikosteroid dan beberapaantidepresan, seperti dapat stimulan ilegal, seperti kokain, amfetamin dan shabu.

3. Gejala hipertensi

Sampai ia telah mencapai tingkat yang sangat tinggi - biasanya 180/110 mmHg, adatidak ada gejala bahwa tekanan darah dibesarkan - tetapi ketika itu telah meningkatgejala mungkin termasuk sakit kepala yang berlangsung selama beberapa hari, mual,pusing, ngantuk, kabur, atau penglihatan ganda, nosebleeds, irregular heartbeat(berdebar-debar), atau sesak napas. Siapa pun yang mengalami salah satu gejala-gejala ini harus melihat dokter mereka sesegera mungkin.


4. Efek hipertensi

Hipertensi adalah salah satu penyebab utama penyakit arteri yang disebutaterosklerosis, di mana tumpukan lemak yang disebut plak terjadi di lapisan dindingarteri yang dapat mengentalkan, calcify dan sempit arteri ke titik di mana merekamembatasi aliran darah. Ini dapat menghasilkan dalam bekuan darah (disebutthrombus) membentuk di situs plakat, yang mungkin memblokir arteri sama sekali danmenyebabkan jaringan biasanya disediakan oleh arteri mati dari kekurangan oksigen -ini bisa terjadi di organ-organ lain di dalam tubuh, tetapi paling sering terjadi di jantung,otak, arteri anggota badan, ginjal dan retina (bagian sensitif cahaya mata).

5. Penatalaksanaan

Wanita dengan hipertensi esensial harus mendapat pengawasan yang ketat danharus dikonsultasikan pada dokter untuk proses persalinannya. Selama tekanan darahibu tidak meningkat sampai 150/90 mmHg berarti pertanda baik. Dia dapat hamil danbersalin normal tetapi saat hamil dianjurkan untuk lebih banyak istirahat dan
 
menghindari peningkatan berat badan terlalu banyak. Kesejahteraan janin dipantauketat untuk mendeteksi adanya retardasi pertumbuhan. Kehamilan tidak dibolehkanmelewati aterm karena kehamilan postterm meningkatkan risiko terjadinya insufisiensiplasenta janin. Jika perlu, dapat dilakukan induksi apabila tekanan darah meningkatatau terdapat tanda-tanda Intra Uterine Growth Retardation (IUGR).Merupakan pertanda kurang baik jika tekanan darah sangat tinggi. Jika ditemukantekanan darah 160/100 mmHg, harus dirawat dokter di rumah sakit. Obat-obatantihipertensi dan sedative boleh diberikan untuk mengontrol tekanan darah.Anamnesa juga diperlukan untuk mengeluarkan ibu dari pre eklamsia. Kandungancatecholamine atau vanilmandelic acid (VMA) biasanya diukur karena hipertensi yangberat mungkin disebabkan karena Pheochromacytoma atau tumor pada ginjal.Keadaan ibu mungkin berkembang menjadi Pre Eklamsia atau mengalami abrupsioplasenta (plasenta Pecah); kadang-kadang gagal ginjal merupakan komplikasi. Jikatekanan darah sangat tinggi, 200/120 mmHg atau lebih, mungkin terjadi perdarahanotak atau gagal jantung.Janin juga berisiko, karena kurangnya sirkulasi plasenta, yang dapat menyebabkankejadian Intra Uterine Growth Retardation (IUGR) dan hipoksia.Jika tekanan darah tidak dapat dikendalikan atau terdapat tanda-tanda IUGR atauhipoksia, dokter dapat menghindari risiko yang serius dengan mempercepatpersalinan. Hal ini dapat dilakukan dengan menginduksi persalinan, atau jika keadaanberbahaya atau lebih akut, atau meningkat pada awal persalinan, persalinan dapatdilakukan dengan cara Sectio caesarea.

B.KONSEP KEBIDANAN

S :

- Ibu mengatakan beberapa hari terakhir sering merasa mual
-Ibu mengatakan sering pusing
-Ibu mengatakan penglihatan kabur atau penglihatan ganda
-Ibu mengatakan berdebar-debar atau sesak nafas

O :

K/U ibu kurang baikKesadaran : compos mentis
TTV = TD : 150/90 MmHgNadi : 27 x / menitRr : 96 X / menitSuhu : 37
0
CHB : 12 gr %

A :

Ibu hamil dengan hipertensi esensial

P :
- Anjurkan ibu untuk makan secara sering dengan porsi kecil
-Anjurkan ibu untuk istirahat yang cukup
-Anjurkan ibu untuk mengkonsumsi vitamin Fe sebelum tidur agar tidakmual
-Anjurkan ibu untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
-Menghindari peningkatan berat badan terlalu banyak

2 komentar:

  1. thanks i like your page
    http://yvc-i-gc012.blogspot.co.id/

    BalasHapus